Evaluasi dan Pencarian Informasi Lanjut

Mengevaluasi Sumber Informasi

  • Authority

Mengetahui kredensial dari penulis, seperti latar belakang pendidikan, bidang pekerjaan, dll. Mencari tahu profil situs web, penerbit atau organisasi yang menerbitkan artikel atau buku.

  • Timeliness

Sumber yang baru diterbikan cenderung lebih dapat dipercaya daripada sumber lama.

  • Relevancy

Memastikan konten sesuai dengan tujuan.

  • Quality

Memeriksa apakah informasi suda diatur dan memiliki jalur yang jelas dan terstruktur.

  • Bias

Mencari sumber-sumber tulisan yang mempertimbangkan berbagai perspektif sebagai lawan dari sumber-sumber bias yang menyajikan bukti until satu perspektif

Proses Pencarian Informasi

Image result for proses pencarian informasi

Metode Pencarian Informasi

  1. Kuhlthaus
research-models-3-728

2. Flip it!

flip 1

3. Alberta Inquiry

Inkuiri Terpimpin (guide Inquiry), dengan adanya pedoman mengenai cara penyusunan, pencatatan data, perencanaan, dan perumusan masalah dibuat oleh guru untuk peserta didik sesuai kebutuhannya.

Inkuiri Bebas (free inquiry), dengan melibatkan peserta didik dalam suatu kelompok sesuai pembagian tugasnya untuk melakukan penelitian bebas layaknya ilmuwan.

Inkuiri Bebas yang dimodifikasi (modified free inquiry), dengan guru memberikan masalah dan peserta didik diminta untuk memecahkan masalah tersebut melalui observasi, eksplorasi, dan prosedur penelitian yang diajarkan.

4. Big 6

Keunikan dari model the Big6 ini antara lain adalah karena model ini di klaim oleh pembuatnya sebagai sebuah model “problem solving” dalam menyelesaikan masalah informasi. Hal ini berbeda dengan beberapa model lainnya yang memang sudah diarahkan secara khusus untuk menyelesaikan masalah dalam penulisan. 

Karena itu, maka model ini sifatnya lebih fleksibel dari model-model literasi informasi lainnya, karena model ini bisa diterapkan pada hampir semua masalah manusia yang berkaitan dengan pengambilan keputusan yang menggunakan informasi sebagai dasar pengambilan keputusannya. 

Daftar Pustaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *